Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

.

Antarmuka memproses batch

Pengantar

Semua algoritma (termasuk model) dapat dijalankan sebagai proses batch. Artinya, mereka dapat dijalankan menggunakan tidak hanya satu set masukan, namun beberapa dari mereka, melaksanakan algoritma sebanyak yang diperlukan. Hal ini berguna saat memproses data dalam jumlah besar, karena tidak perlu meluncurkan algoritma berkali-kali dari toolbox.

Untuk menjalankan algoritma sebagai proses batch, klik kanan pada namanya dalam kotak alat dan pilih opsi Eksekusi sebagai proses batch di menu pop-up yang akan muncul.

Figure Processing 26:

../../../_images/batch_processing_right_click.png

Klik Kanan Memproses Batch win

Tabel parameter

Pelaksana proses batch mirip dengan melakukan eksekusi tunggal dari suatu algoritma. Nilai parameter harus didefinisikan, tetapi dalam kasus ini kita tidak perlu hanya nilai tunggal untuk masing-masing parameter, tapi satu set mereka sebagai gantinya, satu untuk setiap kali algoritma harus dieksekusi. Nilai akan diperkenalkan menggunakan tabel seperti yang ditunjukkan berikutnya.

Figure Processing 27:

../../../_images/batch_processing.png

Memproses Batch win

Setiap baris dari tabel ini merupakan eksekusi tunggal algoritma, dan setiap sel berisi nilai salah satu parameter. Hal ini mirip dengan dialog parameter yang Anda lihat ketika menjalankan sebuah algoritma dari toolbox, tapi dengan pengaturan yang berbeda.

Secara default, tabel berisi hanya dua baris. Anda dapat menambahkan atau menghapus baris menggunakan tombol pada bagian bawah jendela.

Setelah ukuran tabel telah ditetapkan, harus diisi dengan nilai-nilai yang diinginkan.

Mengarsipkan tabel parameter

Bagi kebanyakan parameter, menetapkan nilai sepele. Cukup ketik nilai atau pilih dari daftar pilihan yang tersedia, tergantung pada jenis parameter.

Perbedaan utama yang ditemukan untuk parameter yang mewakili lapis atau tabel, dan untuk path berkas keluaran. Mengenai masukan lapis dan tabel, ketika sebuah algoritma dijalankan sebagai bagian dari proses batch, obyek masukan data yang diambil langsung dari berkas, dan bukan dari aturan mereka yang sudah dibuka di QGIS. Untuk alasan ini, algoritma dapat dijalankan sebagai proses batch, bahkan jika tidak ada obyek data sama sekali yang dibuka dan algoritma tidak dapat dijalankan dari toolbox.

Nama berkas untuk obyek masukan data diperkenalkan langsung dengan mengetik atau, lebih nyaman, mengklik tombol browsebutton di sebelah kanan dari sel, yang menunjukkan dialog pemilih berkas. Beberapa berkas dapat dipilih sekaligus. Jika parameter masukan mewakili obyek data tunggal dan beberapa berkas yang dipilih, masing-masing dari mereka akan dimasukkan ke dalam baris yang terpisah, menambahkan yang baru jika diperlukan. Jika parameter mewakili banyak masukan, semua berkas yang dipilih akan ditambahkan ke satu sel, dipisahkan oleh titik koma (;).

Obyek data keluaran akan selalu disimpan ke berkas dan, tidak seperti ketika menjalankan algoritma dari toolbox, menyimpan ke berkas sementara tidak diizinkan. Anda dapat mengetik nama secara langsung atau menggunakan dialog pemilih berkas yang muncul saat mengklik tombol yang menyertainya.

Setelah Anda memilih berkas, dialog baru ditampilkan untuk memungkinkan autocompletion dari sel-sel lain dalam kolom yang sama (parameter yang sama).

Figure Processing 28:

../../../_images/batch_processing_save.png

Simpan Memproses Batch

Jika nilai default (‘Jangan AutoComplete’) yang dipilih, itu hanya akan menempatkan nama berkas yang dipilih dalam sel yang dipilih dari tabel parameter. Jika salah satu opsi lain yang dipilih, semua sel di bawah satu yang dipilih otomatis akan diisi berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Dengan cara ini, jauh lebih mudah untuk mengisi tabel, dan proses batch dapat didefinisikan dengan sedikit usaha.

Mengisi otomatis dapat dilakukan dengan hanya menambahkan angka korelatif untuk path berkas yang dipilih, atau dengan menambahkan nilai dari bidang lain pada baris yang sama. Hal ini sangat berguna untuk penamaan obyek data keluaran sesuai dengan yang masukan.

Figure Processing 29:

../../../_images/batch_processing_filepath.png

Path Berkas Memproses Batch win

Mengeksekusi proses batch

Untuk melaksanakan proses batch setelah Anda memperkenalkan semua nilai yang diperlukan, klik [OK]. Kemajuan tugas bets global akan ditampilkan dalam bar kemajuan di bagian bawah dialog.