Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

.

Pengantar

Bab ini memperkenalkan kerangka pengolahan QGIS, lingkungan geoprocessing yang dapat digunakan untuk memanggil algoritma asli dan pihak ketiga dari QGIS, membuat tugas analisis spasial Anda lebih produktif dan mudah untuk melakukannya.

Pada bagian berikut kita akan meninjau bagaimana menggunakan unsur-unsur grafis dari kerangka kerja ini dan mengambil yang terbaik masing-masing dari mereka.

Ada empat elemen dasar dalam kerangka GUI, yang digunakan untuk menjalankan algoritma untuk tujuan yang berbeda. Memilih salah satu alat atau lain akan tergantung pada jenis analisis yang akan dilakukan dan karakteristik tertentu dari masing-masing pengguna dan proyek. Semuanya (kecuali untuk antarmuka batch processing, yang disebut dari toolbox, seperti akan kita lihat) bisa diakses dari menu Pengolahan (Anda akan melihat lebih dari empat entri. Yang tersisa tidak digunakan untuk mengeksekusi algoritma dan akan dijelaskan nanti dalam bab ini).

  • Toolbox. Unsur utama dari GUI, digunakan untuk menjalankan algoritma tunggal atau menjalankan proses batch berdasarkan algoritma tersebut.

Figure Processing 1:

../../../_images/toolbox3.png

Toolbox Pengolahan win

  • Modeler grafis. Beberapa algoritma dapat dikombinasikan secara grafis dengan menggunakan modeler untuk mendefinisikan alur kerja, menciptakan satu proses yang melibatkan beberapa sub-proses

Figure Processing 2:

../../../_images/models.png

Modeler Pengolahan win

  • Sejarah pengelola. Semua tindakan dilakukan dengan menggunakan salah satu elemen tersebut disimpan dalam berkas sejarah dan dapat kemudian dengan mudah direproduksi menggunakan manajer sejarah

Figure Processing 3:

../../../_images/history2.png

Pengolahan Sejarah win

  • Antarmuka pengolahan batch. Antarmuka ini memungkinkan Anda untuk menjalankan proses batch dan mengotomatisasi eksekusi algoritma tunggal pada beberapa dataset.

Figure Processing 4:

../../../_images/batch_processing.png

Antarmuka proses batch win

Dalam bagian berikut ini, kita akan meninjau masing-masing elemen ini secara rinci.