Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

Plugin QGIS

QGIS telah dirancang dengan arsitektur plugin. Hal ini memungkinkan banyak fitur baru / fungsi dapat dengan mudah ditambahkan ke aplikasi. Banyak fitur di QGIS benar-benar diterapkan sebagai salah satu inti atau plugin eksternal.

  • Plugin Inti dikelola oleh Tim Pengembang QGIS dan secara otomatis bagian dari setiap distribusi QGIS. Ditulis dalam salah satu dari dua bahasa: C++ atau Python. Informasi lebih lanjut tentang plugin inti disediakan dalam Bagian Menggunakan QGIS Plugin Inti

  • Plugin Eksternal saat ini semua ditulis dengan Python. Mereka disimpan dalam repositori eksternal dan dipelihara oleh penulis individu. Dapat ditambahkan ke QGIS di mActionShowPluginManager Get more Bagian dari Plugin Manager. Informasi lebih lanjut tentang plugin eksternal disediakan dalam Bagian Memuat Plugin eksternal QGIS.

Mengelola Plugin

Mengelola plugin secara umum berarti bongkar atau muat dengan menggunakan Plugin Manager. Untuk menonaktifkan dan mengaktifkan plugin eksternal, Plugin Manager digunakan kembali.

Memuat QGIS Plugin Inti

Memuat QGIS Plugin Inti dilakukan dari menu utama Plugins ‣ mActionShowPluginManager Manage and Install Plugins. Manage and Install Plugins.

Figure Plugins 1:

../../../_images/pluginmanager.png

Pengelola Plugin nix

Menu plugin Installed dari daftar Plugin Manager semua plugin yang tersedia dan status mereka (dimuat atau dibongkar), termasuk semua plugin inti dan semua plugin eksternal yang telah dipasang dan diaktifkan secara otomatis dengan menggunakan mActionShowPluginManager menu Get more (lihat Bagian Memuat Plugin eksternal QGIS). Plugin yang sudah dimuat memiliki tanda centang di sebelah kiri nama mereka. Figure_plugins_1 menunjukkan plugin Installed dialog.

Untuk mengaktifkan plugin inti tertentu, klik kotak centang di sebelah kiri nama plugin dan klik [OK]. Ketika Anda keluar dari aplikasi, daftar plugin yang dimuat tetap dipertahankan, dan plugin secara otomatis dimuat.

Memuat Plugin eksternal QGIS

Plugin Eksternal QGIS ditulis dengan Python. Secara tetap disimpan baik dalam Repositori ‘Resmi’ QGIS, atau dalam berbagai repositori eksternal lainnya yang dikelola oleh masing-masing penulis. Anda dapat menemukan plugin eksternal dalam menu mActionShowPluginManager Get more.

In the plugin Installed menu you can see the path if it is an external plugin. External plugins are only installed in your home directory while core plugins are stored in /usr .

Dokumentasi rinci tentang penggunaan, minimum versi QGIS, homepage, penulis, dan informasi penting lainnya yang disediakan untuk Repositori ‘Resmi’ QGIS di http://plugins.qgis.org/plugins/. Untuk repositori eksternal lainnya, mungkin tersedia dengan plugin eksternal sendiri. Secara umum tidak termasuk dalam panduan ini.

Saat ini ada lebih dari 150 plugin eksternal yang tersedia di Repositori ‘Resmi’ QGIS. Beberapa plugin ini menawarkan fungsi yang akan dibutuhkan oleh banyak pengguna (contoh: menyediakan pengguna dengan kemampuan untuk melihat dan mengedit data OpenStreetMap, atau untuk menambahkan lapisan GoogleMap) sementara yang lain menawarkan fungsi yang sangat khusus (contoh: menghitung diameter pipa untuk jaringan pasokan air).

Hal ini, bagaimanapun, cukup mudah untuk mencari semua plugin eksternal yang tersedia dengan menggunakan kata kunci, memilih nama repositori dan/atau menyaring pada status plugin (saat ini terpasang atau dihapus dalam sistem Anda). Pencarian dan penyaringan dilakukan dari Pemasang Plugin Python QGIS

Tip

Tambah repositori

Untuk menambah repositori penulis eksternal, buka Pemasang Plugin mActionShowPluginManager Manage and Install Plugins, ke menu mActionTransformSettings Settings, dan klik [Tambah] (lihat figure_plugins_2). Jika Anda tidak ingin salah satu atau lebih dari repositori ditambahkan, dapat dinonaktifkan melalui tombol [Sunting...], atau benar-benar dihapus dengan tombol [Hapus].

Dengan demikian, kita tidak bisa bertanggung jawab untuk mereka. Anda juga dapat mengelola daftar repositori secara manual, yaitu menambah, menghapus, dan mengedit data.

Figure Plugins 2:

../../../_images/pluginsettings.png

Pengaturan Plugin nix

Tip

Periksa Pembaruan

Anda tetap dapat informasi tentang plugin. Aktifkan kotak centang checkbox Check for updates on startup dari menu mActionTransformSettings Settings. QGIS akan memberitahu Anda setiap kali sebuah plugin atau pembaruan plugin tersedia.