Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

Peralatan Umum

Fitur Identifikasi

Fitur identifikasi memungkinkan berinteraksi dengan kanvas peta untuk mendapatkan atribut data pada sebuah jendela pop-up. Fitus identifikasi menggunakan Tampilan ‣ Identifikasi Fitur atau Ctrl+Shift+I, atau klik ikon pada mActionIdentify Identifikasi Fitur toolbar.

Jika Anda klik beberapa fitur, poop-up ini akan mendaftar semua data atribut dari semua fitur. Item pertama adalah jumlah item dalam daftar hasil diikuti dengan nama lapisan. Maka anak pertama akan menjadi nama sebuah kolom dengan nilainya. Akhirnya semua informasi dari fitur tersebut akan ditampilkan.

Jendela ini dapat disesuaikan untuk menampilkan kolom kustom namun secara default akan menampilkan tiga jenis informasi:

  • Aksi-aksi: Aksi-aksi ditambahkan untuk mengidentifikasi fitur windows. Ketika mengklik pada aksi label, aksi akan berjalan. Secara default hanya satu tindakan ditambahkan untuk meihat form fitur untuk mengedit.

  • Derived: informasi mereka dihitung atau berasal dari informasi lainnya. Anda bisa menemukan koordinat diklik, koordinat X dan Y, area di unit dan parameter peta dalam unit peta untuk poligon, panjang unit peta untuk garis dan id fitur.

  • Data atribut: Daftar kolom atribut dari data

Figure Identify 1:

../../../_images/identify_features.png

Dialog identifikasi fitur nix (Gnome)

Di bagian bawah dari jendela, Anda memiliki lima ikon:

  • mActionIdentifyExpand Expand tree
  • mActionIdentifyCollapse Collapse tree
  • mActionIdentifyDefaultExpand Default behaviour
  • mActionIdentifyCopyAttributes Salin atribut

  • mActionIdentifyPrint Print selected HTML response

Fitur selebihnya dapat ditemukan dalam tampilan menu dengan klik kanan tetikus pada suatu tempat dengan respon pohon.

Menu ini memungkinkan untuk:

  • Lihat form fitur

  • Perbesar ke fitur

  • Salin fitur: salin semua fitur geometri dan atribut;

  • Salin nilai atribut: hanya menyalin nilai dari atribut Anda klik;

  • Salin atribut fitur: hanya menyalin atribut

  • Bersihkan hasil: hasil di jendela telah dihapus

  • Bersihkan highlight: fitur highlight pada peta telah dihapus

  • Highlight semua

  • Highlight lapisan

  • Properti lapisa: buka jendel properti lapisan

  • Perluas (expand) semua

  • Runtuh (collapse) semua

Shortcut Papanketik

QGIS menyediakan standar shortcut papan ketik untuk banyak fitur. Anda menemukannya di Bagian Bar Menu. Selain itu di menu opsi Pengaturan ‣ Konfigurasi Shortcut memungkinkan merubah standar shortcut papanketik dan menambah shortcut papanketik baru ke fitur QGIS.

Figure Shortcuts 1:

../../../_images/shortcuts.png

Tentukan pilihan shortcut nix (Gnome)

Konfigurasi sederhana. Hanya pilih fitur dari daftar dan klik pada [Ubah], [Atur none] atau [Atur Standar]. Setelah Anda telah menemukan konfigurasi, Anda dapat menyimpannya sebagai berkas XML dan muat pada instalasi QGIS lain.

Konteks Bantuan

Saat Anda membutuhkan bantuan dengan topik yang spesifik, Anda dapat mengakses konteks bantuan melalui tombol Bantuan tersedia disebagian besar dialog - harap dicatat bahwa plugin pihak ketiga dapat mengarah ke halaman web khusus.

Rendering

Secara standar, QGIS membuat semua lapisan terlihat setiap kali kanvas peta di-refresh. Peristiwa yang memicu refresh kanvas peta meliputi:

  • Menambahkan lapisan (layer)

  • Menggeser atau memperbesar

  • Mengukur jendela QGIS

  • Merubah visitabilitas dari lapisan (layer)

QGIS memungkinkan Anda mengontrol proses rendering dalam beberapa cara.

Scale Dependent Rendering

Skala render memungkinkan Anda untuk menentukan skaa minimum dan skala maksimum di mana lapisan akan terlihat. Untuk mengatur skala render bergantung, buka dialog Properti dengan mengklik-dobel pada lapisan di legenda. Pada tab Umum klik pada kotak centang checkboxGunakan skala dependent rendering untuk mengaktifkan fitur yang mengatur nilai maskimum dan minimum skala.

Anda dapat menentukan nilai skala dengan terlebih dahulu perbesar ke tingkat yang ingin Anda gunakan dan mencatat nilai skala pada status bar QGIS.

Mengontrol Rendering Peta

Rendering peta dapat dikontrol dengan mengikuti petunjuk:

Menunda Rendering

Untuk menunda rendering, klik kotak centang checkbox Render di sudut bawah kanan dari status bar. Ketika kotak centang checkbox Render tidak diaktifkan, QGIS tidak menggambar ulang kanvas dalam menanggapi setiap kejadian yang telah diuraikan dalam Bagian Rendering. Contoh ketika Anda mungkin ingin menunda render meliputi:

  • Tambahkan beberapa lapisan dan simbol sebelum menggambar

  • Tambahkan satu atau lebih lapisan dan atur skala ketergantungan sebelum menggambar

  • Tambahkan satu atau lebih lapisan dan perbesar ke tampilan yang spesifik sebelum menggambar

  • Kombinasi dari yang ada di atas

Aktifkan kotak centang checkbox Render mengaktifkan rendering dan dan menyebabkan refresh langsung dari kanvas peta.

Pengaturan Lapisan Tambah Opsi

Anda dapat mengatur pilihan untuk selalu memuat lapisan baru tanpa menggambar mereka. Ini berarti lapisan akan ditambahkan ke peta, namun visibilitas kotak centang dalam legenda akan dicentang secara default. Untuk mengatur opsi ini, pilih menu opsi Pengaturan ‣ Opsi ‣ dan klik pada menu Rendering. Hapus tanda centang checkbox Secara standar lapisan baru ditambahkan ke peta selalu ditampilkan. Setiap lapisan ditambahkan ke peta akan tidak terlihat secara standar.

Opsi lain di menu Pengaturan ‣ Opsi ‣ Rendering kotak centang checkbox Aktifkan buffer. Ini memberikan kinerja grafis yang lebih baik pada kemungkinan kehilangan biaya untuk membatalkan rendering dan menggambar fitur tambahan. Jika tidak dicentang, Anda dapat mengatur ‘Jumlah fitur untuk menarik sebelum memperbarui tampilan’, selain itu tidak aktif.

Akhirnya Anda bisa mengaktifkan kotak centang checkbox Gunakan render caching mungkin untuk mempercepat gambar ulang.

Menghentikan Rendering

Untuk menghentikan penggambaran peta, tekan tombol ESC. Ini akan menghentikan refresh kanvas peta dan menghentikan proses penggambaran peta. Hal ini mungkin membutuhkan waktu selama menekan ESC dan penggambaran peta terhenti.

Catatan

Saat ini tidak memungkikan untuk menghentikan rendering - ini dinonaktifkan di port qt4 karena masalah antarmuka pengguna (UI) dan konflik (crash).

Memperbarui tampilan peta sebelum rendering

Anda dapat mengatur pilihan untuk memperbarui tampilan peta sebagai fitur. Secara standar, QGIS tidak menampilkan semua fitur untuk lapisan sampai seluruh lapisan telah dirender.Untuk memperbarui tampilan seperti fitur dibaca dari datastore, pilih opsi menu Pengaturan ‣ Opsi klik pada menu Rendering. Mengatur jumlah fitur untuk nilai yang sesuai untuk memperbarui tampilan selama rendering. Menetapkan nilai 0 menonaktifkan pembaruan selama menggambar (ini adalah default). Menetapkan nilai terlalu rendah akan menghasilkan kinerja yang buruk pada kanvas peta terus diperbarui selama pembacaan fitur. Nilai yang disarankan untuk memulai adalah 500.

Mempengarui Kualitas Rendering

Untuk mempengaruhi kualitas dari peta Anda memiliki 2 opsi. Pilih opsi menu Pengaturan ‣ Opsi klik pada menu Rendering dan pilih atau tidak kotak centang berikut.

  • checkbox Membuat garis tampil kurang baik dengan mengorbankan beberapa kinerja menggambar

  • checkbox Memperbaiki masalah isi poligon

Mengukur

Mengukur peta dalam proyeksi sistem koordinat (misal UTM) dan data belum terproyeksi. Jika peta dimuat didefinisikan dengan sistem koordinat geografis (lintang/bujur), hasil dari garis atau daerah pengukuran akan salah. Untuk memperbaiki ini, Anda perlu mengatur peta sesuai sistem koordinat (lihat Bagian Working with Projections). Semua modul pengukuran juga menggunakan pengaturan snapping dari modul digitalisasi. Hal ini berguna, jika Anda ingin mengukur garis atau area di lapisan vektor.

Untuk memilih alat ukur, klik di mActionMeasure dan pilih alat yang ingin digunakan.

Mengukur panjang, area dan sudut

mActionMeasure Mengukur Garis: QGIS mampu mengukur jarak nyata antar poin yang diberikan sesuai dengan ellipsoid yang didefinisikan. Untuk mengonfigurasinya, pilih menu opsi Pengaturan ‣ Opsi, klik tab Peralatan Peta dan pilih ellipsoid yang tepat. Di sana Anda juga dapat mendefinisikan warna karet gelang (rubberband) dan satuan pengukuran pilihan Anda (meter atau feet) dan satuan sudut (derajat, radian dan gon). Kemudian memungkinkan Anda untuk mengklik titik pada peta. Setiap panjang-segmen serta total muncul dalam jendela-ukuran. Untuk menghentikan pengukuran klik tombol tetikus sebelah kanan.

Figure Measure 1:

../../../_images/measure_line.png

Mengukur Panjang nix (Gnome)

mActionMeasureArea Mengukur Area: Area juga dapat diukur. Pada jendela mengukur muncul ukuran daerah akumulasi. Selain itu, alat ukur akan mengambil (snap) ke lapisan yang sedang dipilih, asalkan lapisan yang memiliki toleransi yang ditetapkan. (Lihat Bagian Setting the Snapping Tolerance and Search Radius). Jadi jika Anda ingin mengukur persis sepanjang fitur garis, atau sekitar fitur poligon, pertama kali atur toleransi snap, kemudian pilih lapisan. Sekarang, ketika menggunakan alat ukur, setiap klik tetikus (dalam pengaturan toleransi) akan merekam (snap) ke lapisan itu.

Figure Measure 2:

../../../_images/measure_area.png

Mengukur Area nix (Gnome)

mActionMeasureAngle Mengukur Sudut: Anda juga bisa mengukur sudut. Kursor menjadi cross-shaped. Klik untuk menggambar segmen pertama dari sudut yang ingin diukur, kemudian memindahkan kursor untuk menggambar sudut yang diinginkan. Alat ukur akan ditampilkan dalam dialog pop-up.

Figure Measure 3:

../../../_images/measure_angle.png

Mengukur Sudut nix (Gnome)

Pilih dan lepas fitur

Toolbar QGIS menyediakan beberapa alat untuk memilih fitur dalam kanvas peta. Untuk memilih satu atau beberapa fitur klik pada mActionSelect dan pilih perangkat Anda:

  • mActionSelect Pilih Fitur Tunggal

  • mActionSelectRectangle Pilih Fitur dari Rectangle

  • mActionSelectPolygon Pilih Fitur dari Poligon

  • mActionSelectFreehand Pilih Fitur dari Freehand

  • mActionSelectRadius Pilih Fitur dari Radius

Untuk melepas semua fitur yang dipilih klik di mActionDeselectAll Lepas fitur dari semua lapisan.

Dekorasi

Dekorasi dari QGIS termask Grid, Label Hak Cipta, Panah Utara, dan Bar Skala. Mereka digunakan untuk ‘dekorasi’ peta dengan menambahkan elemen peta.

Kisi (Grid)

transformed Grid memungkinkan untuk menambahkan koordinat kisi (grid) dan koordinat anotasi untuk kanvas peta.

Figure Decorations 1:

../../../_images/grid_dialog.png

Dialog Kisi (Grid) nix

  1. Pilih dari menu Tampilan ‣ Decorasi ‣ Kisi. Mulai dialog (lihat figure_decorations_1).

  2. Aktifkan kotak centang checkbox Aktifkan Kisi dan menetapkan definisi kisi (grid) sesuai dengan lapisan yang dimuat dalam kanvas peta.

  3. Aktifkan kotak centang Gambar anotasi dan menetapkan definisi anotasi sesuai dengan lapisan yang dimuat dalam kanvas peta.

  4. Klik [Terapkan] untuk memeriksa, jika terlihat seperti yang diharapkan.

  5. Klik [OK] untuk menutup dialog.

Panah Utara

north_arrow Panah Utara menempatkan panah utara sederhana di kanvas peta. Saat ini hanya ada satu gaya yang tersedia. Anda dapat mengatur sudut panah atau membiarkan QGIS mengatur arah secara otomatis. Jika Anda memilih untuk membiarkan QGIS menentukan arah, itu membuat QGIS menebak yang terbaik bagaimana panah harus berorientasi. Untuk penempatan panah, Anda memiliki empat pilihan, sesuai dengan empat penjuru kanvas peta.

Figure Decorations 3:

../../../_images/north_arrow_dialog.png

Dialog Panah Utara nix

Bar Skala

scale_bar Skala Bar menambahkan bar skala sederhana untuk kanvas peta. Anda mengontrol gaya dan penempatan, serta pelabelan bar.

Figure Decorations 4:

../../../_images/scale_bar_dialog.png

Dialog Bar Skala nix

QGIS hanya mendukung menampilkan skala dalam satuan yang sama dengan kerangka peta Anda. Jadi jika satuan lapisan Anda dalam meter, Anda tidak dapat membuat skala bar dalam kaki (feet). Demikian juga jika Anda menggunakan derajat desimal, Anda tidak dapat membuat skala bar untuk menampilkan jarak dalam meter.

Menambahkan bar skala:

  1. Pilih dari menu Tampilan ‣ Dekorasi ‣ Skala Bar (lihat figure_decorations_4)

  2. Pilih penempatan dari daftar drop-down Penempatan ‘Kiri Bawah’

  3. Pilih gaya dari daftar Gaya bar Skala ‘Tick Down’

  4. Pilih warna bar warna bar ‘black’ atau gunakan hitam warna default

  5. Atur ukuran bar dan labelnya Ukuran bar ‘30 degrees’

  6. Pastikan kotak centang sudah aktif checkbox Aktifkan skala bar

  7. Opsional memilih secara otomatis snap ke angka bulat ketika kanvas diubah ukurannya checkbox Automatically snap to round number on resize

  8. Klik [OK]

Tip

Pengaturan Dekorasi

Saat Anda menyimpan sebuah proyek .qgs, setiap perubahan yang Anda buat pada Kisi (Grid), Panah Utara, Skala Bar dan Hak Cipta akan disimpan dalam proyek dan dikembalikan pada saat Anda memuat proyek.

Peralatan Anotasi

Peralatan mActionTextAnnotation Anotasi Teks dalam toolbar atribut memberikan kemungkinan untuk menempatkan teks diformat dalam balon pada kanvas Peta QGIS. Gunakan alat Anotasi Teks dan klik kedalam kanvas peta.

Figure annotation 1:

../../../_images/annotation.png

Dialog teks anotasi nix

Dobel klik pada item membuka dialog dengan berbagai pilihan. Ada editor teks untuk memasukkan teks yang diformat dan pengaturan item lain. Misalnya ada pilihan memiliki item ditempatkan pada posisi peta (ditampilkan dengan simbol penanda) atau memiliki item pada posisi layar (tidak berhubungan dengan peta). Item ini bisa dipindahkan dengan posisi peta (geser penanda peta) atau hanya dengan memindahkan balon. Ikon adalah bagian dari tema GIS, dan digunakan secara default dalam tema-tema lain juga.

Alat mActionAnnotation Pindah Anotasi memungkinkan memindah anotas pada kanvas peta.

Anotasi HTML

Alat mActionFormAnnotation Anotasi Html dalam toolbar atribut memberikan kemungkinan untuk menempatkan isi berkas HTML dalam balon pada kanvas Peta QGIS. Gunakan alat Anotasi Html dan klik kedalam kanvas peta dan menambahkan path ke berkas html ke dalam dialog.

Anotasi SVG

Alat mActionSaveAsSVG Anotasi SVG dalam toolbar atribut memberikan kemungkinan untuk menempatkan simbol SVG dalam balon pada kanvas Peta QGIS. Gunakan alat Anotasi SVG dan klik kedalam kanvas peta dan menambahkan path ke berkas SVG ke dalam dialog.

Form anotasi

Selain itu Anda juga dapat membuat form anotasi Anda sendiri. Alat mActionFormAnnotation Form Anotasi ini berguna untuk menampilkan atribut dari lapisan vektor dalam form desainer qt disesuaikan (lihat figure_custom_annotation). Hal ini mirip dengan form desainer alat Identifikasi fitur, tetapi ditampilkan dalam item anotasi. Lihat juga blog QGIS http://blog.qgis.org/node/143 untuk informasi lebih lanjut.

Figure annotation 2:

../../../_images/custom_annotation.png

Disesuaikan form anotasi bentuk desainer qt nix

Catatan

Jika Anda menekan Ctrl+T sementara alat Anotasi aktif (anotasi bergerak, anotasi teks, form anotasi), visibilitas item yang terbalik.

Bookmark Spasial

Bookmark spasial memungkinkan Anda untuk “bookmark” lokasi geografis dan kembali ke spasial ini suatu saat nanti.

Membuat Bookmark

Membuat Bookmark

  1. Perbesar atau geser ke interes area.

  2. Pilih menu opsi Tampilan ‣ Bookmark Baru atau tekan Ctrl-B.

  3. Masukkan nama deskripsi dari bookmark (batas 255 karakter).

  4. Tekan Enter untuk menambahkan bookmark atau [Delete] untuk menghapus bookmark.

Catatan Anda bisa memiliki bookmark banyak dengan satu nama.

Bekerja dengan Bookmark

Menggunakan atau mengelola bookmark, pilih menu opsi Tampilan ‣ Tampilkan Bookmark.

Perbesar ke Bookmark

Dari dialog Geospasial Bookmark, pilih bookmark yang diinginkan dengan mengkliknya, kemudian klik [Perbesar]. Anda juga bisa memperbesar ke bookmark dengan dobel-klik padanya.

Menghapus Bookmark

Menghapus bookmark dari dialog Geospasial Bookmark, klik padanya dan kemudian klik [Hapus]. Konfirmasi Anda pilih dengan klik [Ya] atau batal menghapus dengan klik [Tidak]..

Proyek-proyek Nesting

Jika Anda ingin menanamkan (embed) isi dari berkas proyek lain kedalam proyek Anda, Anda bisa memilih Lapisan ‣ Tanam Lapisan dan Grup.

Menanam (Embedding) lapisan

Mengkuti dialog memungkinkan Anda untuk menanam (embed) lapisan dari proyek-proyek lain:

  1. Tekan browsebutton untuk mencari proyek lain dari dataset Alaska.

  2. Pilih berkas proyek grassland. Anda bisa melihat konten dari proyek (lihat figure_embed_dialog).

  3. Tekan Ctrl dan klik pada lapisan grassland dan wilayah. Lapisan akan ditanam dalam legenda peta dan tampilan peta sekarang.

Figure Nesting 1:

../../../_images/embed_dialog.png

Pilih lapisan-lapisan dan grup-grup untuk ditanam (embed) nix

Sementara lapisan-lapisan yang ditanam (embedded) adalah bisa diedit Anda tidak bisa merubah properti seperti gaya dan pelabelan.

Menghapus lapisan-lapisan ditanam (embdded)

Klik-kanan pada lapisan yang ditanam (embedded) dan pilih mActionRemoveLayer Hapus.

Menambahkan Lapisan Teks Delimited (Delimited Text Layer)

Fungsi ini memungkinkan Anda memuat berkas teks delimited sebagai lapisan di QGIS. Pengaturan berikut perlu didefinisikan:

  1. Format Berkas biasanya radiobuttonon CSV (comma separated values). Jika delimiter lain digunakan, aktifkan tombol radiobuttonon custom delimiter`dan jika setiap baris dalam file dibagi menggunakan ekspresi reguler, silakan aktifkan tombol |radiobuttonon| :guilabel:`Regular expression delimiter.

  2. Sebagai berkas teks Opsi Rekam biasanya menyediakan baris header dipisahkan kolom nama. Ini biasanya baris pertama dalam berkas teks. Jika tidak ada baris header yang tersedia, nonaktfikan kotak centang checkbox rekaman pertama adalah kolom nama. Dan jika baris header bukan baris pertama dari berkas teks, tentukan jumlah baris header untuk dibuang.

  3. Sebagai Opsi Lapangan Anda dapat memotong spasi kolom leading dan trailing dari mengaktifkan kotak centang checkbox Trim fields. Anda bisa checkbox Discard empty fields di setiap rekaman dan Anda juga bisa menentukan bahwa checkbox Sebagai pemisah desimal adalah koma. Jika tidak, akan menjadi titik.

  4. Sebagai Definisi Geometri berkas teks khas menyediakan radiobuttonon Koordinate Poin. Ini berarti harus ada kolom ‘X’ dan ‘Y’ dengan nilai koordinat. Jika berkas teks menyediakan kolom radiobuttonon Well Known Text, maka harus ada kolom ‘WKT’ dengan informasi geometri untuk byek poin, garis atau poligon. Kolom ini dapat memiliki nama apapun. Jika tabel atribut mendefinisikan radiobuttonon tidak geometri. Koordinat x dan y harus spesifik sebagai angka. Sistem koordinat tidak penting. Jika didefinisikan dalam derajat/menit/detik, aktfikan kota centang checkbox Koordinat DMS.

  5. Sebagai Pengaturan Lapisan Anda bisa mengaktifkan checkbox Gunakan Indeks Spasial untuk meningkatkan kinerja dari menampilkan dan memilih spasial fitur. Anda bisa mendefinsikan checkbox Gunakan Indeks Subset dan checkbox Watch file untuk melihat perubahan berkas dengan aplikasi lain, sementara QGIS berjalan.

Sebagai contoh sebuah berkas teks yang valid kita mengimpor berkas data elevasi titik elevp.csv dengan contoh dataset QGIS (Lihat Bagian Contoh data):

X;Y;ELEV
-300120;7689960;13
-654360;7562040;52
1640;7512840;3
[...]

Beberapa item dari catatan tentang berkas teks adalah:

  1. Contoh berkas teks menggunakan ; (semicolon) sebagai delimiter. Beberapa karakter bisa digunakan untuk kolom delimit.

  2. Baris pertama adalah baris header. Ini berisi X, Y dan ELEV.

  3. Tidak ada kutipan (") digunakan untuk bidang teks delimit

  4. Koordinat X diisi dalam bidang X.

  5. Koordinat Y diisi dalam bidang Y.

Menggunakan fungsi

Klik ikon toolbar delimited_text Tambah Lapisan Teks Delimited di toolbar Kelola Lapisan membuka dialog Membuat Lapisan dari Berkas Teks Delimited seperti yang tampil dalam figure_delimited_text_1.

Figure Delimited Text 1:

../../../_images/delimited_text_dialog.png

Dialog Teks Delimited nix

Pertama pilih berkas (seperti qgis_sample_data/csv/elevp.csv) untuk impor dengan mengklik pada tombol [Penjelajah]. Sekali berkas dipilih, upaya QGIS untuk mem-parsing berkas menggunakan delimiter yang terakhir digunakan, dalam kasus ini titikkoma (;). Untuk mem-parsing berkas dengan benar, Ini penting untuk memilih delimiter yang benar. Mengubah delimiter penggunaan tab \t (ini adalah ekspresi reguler untuk karakter tab.).

Setelah berkas diuraikan, buat sebuah Definsi Geometri radiobuttononKoordinat Poin dan pilih kolom X dan Y dari daftar. Akhirnya masukkan nama lapisan (seperti elevp) seperti dalam figure_delimited_text_1 . Untuk menambahkan lapisan ke dalam peta, klik [OK]. Berkas teks delimited yang sekarang berperilaku seperti halnya lapisan peta lainnya di QGIS.