1. Pendahuluan

Pengantar QGIS

Dibawa ke Anda dengan QGIS, sebuah aplikasi GIS Free and Open Source Software untuk semua.

../../_images/qgis_logo.png
  1. Sutton, O. Dassau, M. Sutton

Didukung oleh: Chief Directorate: Spatial Planning & Information, Department of Land Affairs, Eastern Cape, South Africa.

../../_images/dla_logo.png

Bekerjasama dengan: Spatial Information Management Unit, Office of the Premier, Eastern Cape, South Africa.

../../_images/eastern_cape_logo.jpg

Hak Cipta (c) 2009 Chief Directorate: Spatial Planning & Information, Department of Land Affairs, Eastern Cape.

Diizinkan untuk menyalin, mendistribusikan dan/atau memodifikasi dokumen ini di bawah syarat-syarat Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GNU Free Documentation License), Versi 1.2 atau versi yang lebih baru yang diterbitkan oleh Free Software Foundation; tanpa Bagian Invarian, tanpa Teks Sampul-Depan, dan tanpa Teks Sampul-Belakang.

Salinan lisensi termasuk di dalam bagian Lisensi Dokumentasi GNU gratis.

Pemberitahuan pengecualian hak cipta di Panduang Pengguna QGIS dapat ditambahkan ke dokumen ini. Konsultasikan lebih lanjut untuk informasi hak cipta dan lisensi Panduan QGIS.

1.1. Sebuah kata dari penyunting

Proyek ini telah didukung oleh Chief Directorate: Spatial Planning & Information, Department of Land Affairs (DLA), Eastern Cape, dalam hubungannya dengan Spatial Information Management Unit, Office of the Premier, Eastern Cape, South Africa.

GIS menjadi alat yang semakin penting dalam pengelolaan lingkungan hidup, ritel, militer, polisi, pariwisata dan banyak bidang lain dari kehidupan kita sehari-hari. Jika Anda menggunakan komputer atau ponsel, tanpa disadari Anda mungkin telah menggunakan GIS dalam beberapa bentuk. Mungkin peta di suatu situs web, Google Earth, sebuah booth informasi atau ponsel Anda memberitahu di mana Anda berada. Perangkat lunak GIS Proprietary (software yang tidak bebas berbagi atau diubah) tersedia yang akan membiarkan Anda melakukan segala yang kami jelaskan dalam lembar kerja ini dan banyak lagi. Namun software ini biasanya sangat mahal atau membatasi kebebasan Anda untuk menyalin, berbagi dan mengubah perangkat lunak. Vendor GIS terkadang membuat pengecualian untuk kegiatan pendidikan, menyediakan lebih murah atau salinan gratis dari perangkat lunak mereka. Mereka melakukan ini karena mengetahui bahwa jika guru dan peserta didik mengenal perangkat lunak mereka, mereka akan enggan untuk belajar paket yang lain. Ketika peserta didik meninggalkan sekolah mereka akan pergi ke dunia kerja dan membeli perangkat lunak komersial, tidak pernah tahu bahwa ada perangkat lunak GIS alternatif gratis yang bisa mereka gunakan.

Dengan QGIS, kami menawarkan alternatif --- perangkat lunak yang bebas biaya dan bebas dalam arti sosial. Anda dapat membuat banyak salinan sesuai yang Anda inginkan. Ketika peserta didik satu hari meninggalkan sekolah mereka bisa menggunakan perangkat lunak ini untuk membangun keterampilan mereka, memecahkan masalah di tempat kerja dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Ketika Anda membeli perangkat lunak komersial, Anda membatasi pilihan Anda untuk masa depan. Dengan belajar, menggunakan dan berbagi Free and Open Source Software, Anda sedang membangun keterampilan Anda sendiri, membebaskan uang yang akan dibelanjakan untuk hal-hal penting seperti makanan dan tempat tinggal dan meningkatkan perekonomian kita sendiri.

Dengan mendukung penciptaan sumber daya ini, DLA telah menciptakan suatu landasan dimana pikiran muda bisa terkena. Kemungkinan menarik terbentang di depan ketika prinsip-prinsip bebas berbagi pengetahuan dan data yang dianut. Untuk ini kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada DLA!

Kami harap Anda menikmati belajar dan menggunakan QGIS dalam semangat Ubuntu!

../../_images/tims_sign.png

Tim Sutton, April 2009