Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

.

Kalkulator Raster

The Raster Calculator in the Raster menu allows you to perform calculations on the basis of existing raster pixel values (see figure_raster_10). The results are written to a new raster layer with a GDAL-supported format.

Figure Raster 10:

../../../_images/raster_calculator1.png

Kalkulator Raster nix

Daftar Pita Raster berisi semua lapisan raster yang dapat digunakan. Untuk menambahkan raster ke kalkulator raster kolom ekspresi, klik dua kali namanya dalam daftar kolom. Anda kemudian dapat menggunakan operator untuk membangun perhitungan ekspresi, atau Anda hanya dapat mengetik mereka ke dalam kotak.

Dalam bagian Hasil lapisan, Anda akan perlu mendefinisikan keluaran lapisan. Anda kemudian dapat menentukan luasnya daerah perhitungan berdasarkan masukan lapisan raster, atau berdasarkan koordinat X, Y dan pada kolom dan baris, untuk mengatur resolusi dari keluaran lapisan. Jika lapisan masukan memiliki resolusi yang berbeda, nilai-nilai akan resampled dengan algoritma tetangga terdekat.

Bagian Operator berisi semua operator yang tersedia. Untuk menambahkan operator ke kotak ekspresi kalkulator raster, klik tombol yang sesuai. Perhitungan matematika tersedia (+, -, *, ... ) dan fungsi trigonometri (sin, cos, tan, ... ). Nantikan operator lainnya yang akan datang!

Dengan kotak centang checkbox Tambahkan hasil ke proyek, lapisan hasil secara otomatis akan ditambahkan ke area legenda dan dapat divisualisasikan.

Contoh-contoh

Konversi nilai elevasi dari meter ke kaki

Membuat elevasi raster dalam kaki dari raster dalam meter, Anda perlu menggunakan faktor konversi meter ke kaki: 3.28. Ekspresinya adalah:

Menggunakan masker

Jika Anda ingin untuk menutupi bagian-bagian dari suatu raster - kata, misalnya, karena Anda hanya tertarik pada ketinggian di atas 0 meter – Anda dapat menggunakan ekspresi berikut untuk membuat masker dan menerapkan hasil untuk raster dalam satu langkah.

Dengan kata lain, untuk setiap sel yang lebih besar dari atau sama dengan 0, atur nilainya ke 1. Jika nilai ke 0. Ini menciptakan masker on the fly.

If you want to classify a raster – say, for instance into two elevation classes, you can use the following expression to create a raster with two values 1 and 2 in one step.

("[email protected]" < 50) * 1 + ("[email protected]" >= 50) * 2

In other words, for every cell less than 50 set its value to 1. For every cell greater than or equal 50 set its value to 2.