Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

.

QGIS sebagai OGC Data Server

Server QGIS merupakan open source WMS 1.3, WFS 1.0.0 dan WCS 1 1.1.1 implementasi yang, di samping itu, mengimplementasikan fitur kartografi canggih untuk pemetaan tematik. Server QGIS adalah aplikasi FastCGI/CGI (Common Gateway Interface) ditulis dalam C++ yang bekerja sama dengan web server (misalnya Apache, Lighttpd). Hal ini didanai oleh proyek Uni Eropa Orchestra, Sany dan kota Uster di Swiss.

Server QGIS digunakan QGIS sebagai back end untuk logika GIS dan peta rendering. Selain itu, perpustakaan Qt digunakan untuk grafis dan pemrograman C++ platform-independen. Berbeda dengan perangkat lunak WMS lain, Server QGIS menggunakan aturan kartografi sebagai bahasa konfigurasi, baik untuk konfigurasi server dan aturan kartografi yang ditetapkan pengguna.

As QGIS desktop and QGIS Server use the same visualization libraries, the maps that are published on the web look the same as in desktop GIS.

Dalam salah satu buku pedoman berikut, kami akan memberikan contoh konfigurasi untuk membangun sebuah Server QGIS. Untuk saat ini, kami sarankan untuk membaca salah satu URL berikut ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut:

Contoh Pemasangan pada Debian Squeeze

Pada titik ini, kami akan memberikan contoh instalasi singkat dan sederhana bagaimana caranya untuk Debian Squeeze. Banyak OS lain menyediakan paket untuk Server QGIS, juga. Jika Anda harus membangun semuanya dari sumber, silakan lihat URL di atas.

Terlepas dari QGIS dan Server QGIS, Anda memerlukan server web, dalam kasus apache2 kami. Anda dapat menginstal semua paket dengan aptitude atau apt-get install bersama-sama dengan paket ketergantungan yang diperlukan lainnya. Setelah instalasi, Anda harus menguji mengkonfirmasi bahwa server web dan Server QGIS bekerja seperti yang diharapkan. Pastikan server apache berjalan dengan / etc/init.d/apache2 start. Buka peramban web dan ketik URL: http://localhost. Jika apache sudah habis, Anda akan melihat pesan ‘It works!’.

Sekarang coba pemasangan Server QGIS. qgis_mapserv.fcgi tersedia di /usr/lib/cgi-bin/qgis_mapserv.fcgi dan mendukung standar WMS yang menunjukkan batas-batas negara bagian Alaska. Tambahkan WMS dengan URL http://localhost/cgi-bin/qgis_mapserv.fcgi seperti yang dijelaskan dalam Memilih Server WMS/WMTS.

Figure Server 1:

../../../_images/standard_wms_usa.png

WMS standar dengan batas-batas Amerika Serikat termasuk dalam QGIS Server (KDE) nix

Membuat WMS/WFS/WCS dari proyek QGIS

Untuk memberikan Server QGIS baru WMS, WFS atau WCS, kita harus membuat berkas proyek QGIS dengan beberapa data. Di sini, kita menggunakan ‘Alaska’ shapefile dari contoh dataset QGIS. Tentukan warna dan gaya dari lapis dalam QGIS dan proyek CRS, jika belum ditetapkan.

Figure Server 2:

../../../_images/ows_server_definition.png

Definisi QGIS Server WMS/WFS/WCS proyek (KDE)

Kemudian, ke menu Server OWS dialog Proyek ‣ Proyek Properti dan memberikan beberapa informasi tentang OWS di kolom di bawah Kemapuan Layanan. Ini akan muncul di GetCapabilities respon dari WMS, WFS atau WCS. Jika Anda tidak mencentang checkbox Kemampuan Layanan, Server QGIS akan menggunakan informasi yang diberikan dalam berkas wms_metadata.xml yang terletak di folder cgi-bin.

Kemampuan WMS

Di bagian Kemampuan WMS, Anda dapat menentukan tingkat diiklankan di respon WMS GetCapabilities dengan memasukkan nilai minimum dan maksimum X dan Y dalam kolom di bawah Batas diiklankan. Klik Gunakan Batas Kanvas Sekarang menetapkan nilai-nilai ini sejauh yang sedang ditampilkan dalam kanvas peta QGIS. Dengan mencentang checkbox Pembatasan CRS, Anda dapat membatasi di mana sistem koordinat referensi (CRS) Server QGIS akan menawarkan untuk membuat peta. Gunakan tombol mActionSignPlus di bawah untuk memilih CRS dari Coordinate Reference System Selector, atau klik Digunakan untuk menambahkan CRS digunakan proyek QGIS ke dalam daftar.

Jika Anda memiliki penyusun cetak didefinisikan dalam proyek Anda, mereka akan tercantum dalam GetCapabilities respon, dan mereka dapat digunakan oleh permintaan GetPrint untuk membuat cetakan, menggunakan salah satu tata letak penyusun cetak sebagai template. Ini adalah ekstensi-khusus QGIS untuk spesifikasi WMS 1.3.0. Jika Anda ingin mengecualikan penyusun cetak dari yang diterbitkan oleh WMS, centang checkbox Kecuali Penyusun dan klik tombol dibawah mActionSignPlus. Kemudian, pilih penyusun cetak dari dialog Pilih penyusun cetak untuk menambahkannya ke daftar penyusun yang dikecualikan.

Jika Anda ingin mengecualikan setiap lapis atau grup lapis dari yang diterbitkan oleh WMS, centang checkbox Kecuali Lapis dan klik menu di bawah mActionSignPlus. Akan membuka dialog Pilih lapis dan grup dibatasi, yang memungkinkan Anda untuk memilih lapis dan grup yang tidak ingin dipublikasikan. Gunakan tombol Shift atau Ctrl jika Anda ingin memilih beberapa entri sekaligus.

Anda dapat menerima diminta GetFeatureInfo sebagai teks biasa, XML dan GML. Default adalah XML, teks atau format GML tergantung format keluaran dipilih untuk permintaan GetFeatureInfo.

Jika Anda ingin, Anda dapat mencentang checkbox Tambahkan geometri untuk fitur respon. Ini akan mencakup dalam respon GetFeatureInfo fitur geometri dalam format teks. Jika Anda ingin QGIS Server QGIS mengiklankan URL permintaan khusus dalam respon WMS GetCapabilities, masukkan URL yang sesuai dalam kolom Iklankan URL. Selanjutnya, Anda dapat membatasi ukuran maksimum peta dikembalikan oleh permintaan GetMap dengan memasukkan lebar, tinggi dalam kolom masing-masing di bawah Maksimal untuk permintaan GetMap.

If one of your layers uses the Map Tip display (i.e. to show text using expressions) this will be listed inside the GetFeatureInfo output. If the layer uses a Value Map for one of his attributes, also this information will be shown in the GetFeatureInfo output.

Kemampuan WFS

dalam area Kemampuan WFS, Anda dapat memilih lapis yang ingin Anda publikasikan sebagai WFS, dan menentukan apakah mereka akan memungkinkan memperbarui, memasukkan dan menghapus operasi. Jika Anda memasukkan URL di kolom Iklankan URL dari bagian Kemampuan WFS, Server QGIS akan mengiklankan URL tertentu dalam respon WFS GetCapabilities.

Kemampuan WCS

dalam area Kemampuan WCS, Anda dapat memilih lapis yang ingin Anda publikasikan sebagai WCS. Jika Anda memasukkan URL di kolom Iklankan URL dari bagian Kemampuan WCS, Server QGIS akan mengiklankan URL tertentu dalam respon WCS GetCapabilities.

Sekarang, simpan sesi ke dalam berkas proyek alaska.qgs. Untuk memberikan proyek sebagai WMS / WFS, kita membuat folder baru /usr/lib/cgi-bin/project dengan hak istimewa admin dan menambahkan berkas proyek alaska.qgs dan salinan berkas qgis_mapserv.fcgi - itu saja.

Sekarang coba proyek kita WMS, WFS dan WCS. Tambahkan WMS, WFS dan WCS seperti yang dijelaskan dalam Memuat Lapis WMS/WMTS, Klien WFS dan WFS-T dan Klien WCS ke QGIS dan muat data. URLnya adalah:

http://localhost/cgi-bin/project/qgis_mapserv.fcgi

Menyetel baik OWS Anda

Untuk lapis vektor, menu Kolom dari dialog Lapis ‣ Properti memungkinkan Anda untuk menentukan setiap atribut jika akan diterbitkan atau tidak. Secara default, semua atribut yang diterbitkan oleh WMS dan WFS. Jika Anda ingin atribut tertentu tidak akan diterbitkan, hapus centang pada kotak centang yang sesuai dalam kolom WMS atau WFS.

Anda dapat melapisi tanda air pada peta yang diproduksi oleh WMS Anda dengan menambahkan penjelasan teks atau anotasi SVG ke berkas proyek. Lihat bagian Alat Anotasi di Peralatan Umum untuk petunjuk membuat anotasi. Untuk anotasi yang akan ditampilkan sebagai tanda air pada keluaran WMS, kotak centang Posisi peta ditetapkan dalam dialog Anotasi teks harus dilepas centangnya. Hal ini dapat diakses dengan mengklik ganda anotasi sementara salah satu alat anotasi aktif. Untuk anotasi SVG, Anda akan membutuhkan mengatur proyek menyimpan path absolut (dalam menu Umum dari dialog Proyek ‣ Proyek Properti) atau secara manual mengubah path ke gambar SVG dengan cara itu, path relatif valid.

Parameter tambahan yang didukung oleh permintaan WMS GetMap

Dalam permintaan WMS GetMap, Server QGIS menerima beberapa parameter tambahan di samping parameter standar sesuai dengan spesifikasi OCG WMS 1.3.0:

  • Parameter MAP: Mirip dengan MapServer, parameter `MAP` dapat digunakan untuk menentukan path ke berkas proyek QGIS. Anda dapat menentukan path absolut atau path relatif ke lokasi server executable (qgis_mapserv.fcgi). Jika tidak ditentukan, pencarian server QGIS untuk berkas .qgs dalam direktori di mana server executable berada.

    Contoh:

    http://localhost/cgi-bin/qgis_mapserv.fcgi?\
      REQUEST=GetMap&MAP=/home/qgis/mymap.qgs&...
  • Parameter DPI: Parameter DPI dapat digunakan untuk menentukan resolusi keluaran yang diminta.

    Contoh:

    http://localhost/cgi-bin/qgis_mapserv.fcgi?REQUEST=GetMap&DPI=300&...
  • Parameter Kekeruhan: Opacity dapat diatur pada lapis atau tingkat grup. Nilai diperbolehkan berkisar dari 0 (sepenuhnya transparan) sampai 255 (sepenuhnya keruh).

    Contoh:

    http://localhost/cgi-bin/qgis_mapserv.fcgi?\
      REQUEST=GetMap&LAYERS=mylayer1,mylayer2&OPACITIES=125,200&...

QGIS Server logging

To log requests send to server, set the following environment variables:

  • QGIS_SERVER_LOG_FILE: Specify path and filename. Make sure that server has proper permissions for writing to file. File should be created automatically, just send some requests to server. If it’s not there, check permissions.

  • QGIS_SERVER_LOG_LEVEL: Specify desired log level. Available values are:

    • 0 INFO (log all requests),
    • 1 WARNING,
    • 2 CRITICAL (log just critical errors, suitable for production purposes).

    Contoh:

    SetEnv QGIS_SERVER_LOG_FILE /var/tmp/qgislog.txt
    SetEnv QGIS_SERVER_LOG_LEVEL 0

Note

  • When using Fcgid module use FcgidInitialEnv instead of SetEnv!
  • Server logging is enabled also if executable is compiled in release mode.

Environment variables

  • QGIS_OPTIONS_PATH: The variable specifies path to directory with settings. It works the same ways as QGIS application –optionspath option. It is looking for settings file in <QGIS_OPTIONS_PATH>/QGIS/QGIS2.ini. For exaple, to set QGIS server on Apache to use /path/to/config/QGIS/QGIS2.ini settings file, add to Apache config:

    SetEnv QGIS_OPTIONS_PATH "/path/to/config/"