Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

.

QGIS Peramban

Penjelajah QGIS adalah panel di QGIS yang memungkinkan Anda dengan mudah menavigasi dalam basisdata Anda. Anda memiliki akses ke berkas-berkas vektor umum (seperti berkas ESRI shapefile atau MapInfo), basisdata (seperti PostGIS, Oracle, Spatialite atau MSSQL Spatial) dan koneksi WMS/WFS. Anda juga bisa melihat data GRASS Anda (untuk mendapatkan data ke QGIS, lihat GRASS GIS Integration)

Figure browser 1:

../../../_images/browser_standalone_metadata.png

Penjelajah QGIS merupakan aplikasi mandiri nix

Menggunakan penjelajah QGIS untuk menampilkan data Anda. Fungsi geser dan taruh membuatnya mudah untuk menempatkan data Anda ke tampilan peta dan legenda peta.

  1. Mengaktifkan penjelajah QGIS. Klik-kanan pada toolbar dan centang checkboxPeramban atau pilih dari Pengaturan ‣ Panel.

  2. Geser panel kedalam jendela legenda dan riliskan.

  3. Klik pada tab Peramban

  4. Jelajahi dalam basisdata Anda dan pilih folder shapefile dari direktori qgis_sample_data.

  5. Tekan tombol Shift dan pilih berkas airports.shp dan alaska.shp.

  6. Tekan tombol kiri tetikus kemudian geser dan tempatkan berkas ke dalam kanvas peta.

  7. Klik-kanan pada lapisan dan pilih Atur CRS proyek dari lapisan. Untuk informasi lebih lanjut lihat Working with Projections.

  8. Klik pada mActionZoomFullExtent Perbesar Full agar lapisan-lapisan terlihat.

Ada penjelajah kedua yang tersedia di Pengaturan ‣ Panel. Hal ini berguna bila Anda perlu untuk memindahkan berkas atau lapisan antar lokasi.

  1. Mengaktifkan penjelajah QGIS kedua: Klik-kanan pada toolbar dan centang checkboxPenjelajah (2), atau pilih dari Pengaturan ‣ Panel.

  2. Geser panel kedalam jendela legenda

  3. Arahkan ke tab Peramban (2) dan temukan shapefile di dalam sistem berkas Anda.

  4. Pilih sebuah berkas dengan tombol kiri tetikus. Sekarang Anda bisa menggunakan ikon mActionAddTambah Lapisan Terpilih untuk menambahkannya kedalam proyek sekarang.

QGIS otomatis terlihat untuk Coordinate Reference System (CRS) dan perbesar ke batas lapisan jika Anda bekerja di sebuah proyek kosong QGIS. Jika sudah ada berkas dalam proyek Anda, berkas hanya akan ditambahkan dan dalam kasus itu memiliki tingkat yang sama dan CRS akan divisualisasikan. Jika berkas ini telah mendapat CRS lain dan lapisan Anda terlebih dahulu klik kanan pada lapisan dan pilih Atur CRS Proyek dari Lapisan. Kemudian pilih Perbesar ke Batas Lapisan.

Fungsi mActionFilterSaring Berkas bekerja pada level direktori. Jelajahi folder dimana Anda ingin menyaring berkas-berkas dan memberikan kata pencarian atau wildcard. Penjelajah hanya menampilkan nama berkas yang sesuai – data lain tidak akan ditampilkan.

Ini juga mungkin untuk menjalankan penjelajah QGIS sebagai aplikasi mandiri.

Mulai Penjelajah QGIS

  • nix ketik di dalam “qbrowser” di perintah prompt.

  • win Mulai penjelajah QGIS menggunakan menu Start atau desktop shortcut.

  • Peramban osx QGIS juga tersedia di fodler Aplikasi Anda.

Dalam figure_browser_standalone_metadata, Anda bisa melihat ditingkatkannya fungsi penjelajah QGIS mandiri. Tab Param menyediakan detail dari koneksi dataset seperti PostGIS atau MSSQL Spatial. Tab Metadata berisi informasi umum tentang berkas (lihat Metadata Menu). Dengan tab Preview Anda bisa melihat-lihat di berkas Anda tanpa mengimpor mereka ke proyek QGIS Anda. Ini juga mungkin untuk melihat atribut berkas Anda dalam tab Atribut