Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

.

Kata Pengantar

Selamat datang di dunia indah dari Sistem Informasi Geografis (GIS)!

QGIS adalah Sistem Informasi Geografis Sumber Terbuka (Open Source). Proyek ini lahir di bulan Mei 2002 dan didirikan sebagai sebuah proyek di SourceForge pada bulan Juni tahun yang sama. Kami telah bekerja keras membuat perangkat lunak GIS (merupakan perangkat lunak proprietary tradisional mahal) prospek yang layak bagi siapa saja dengan akses dasar ke Personal Komputer. QGIS saat ini berjalan pada kebanyakan platform Unix, Windows, dan OS X. QGIS dikembangkan menggunakan toolkit Qt (http://qt.digia.com) dan C++. Ini berarti bahwa QGIS terasa cepat dan menyenangkan, antarmuka pengguna grafis yang mudah digunakan (GUI).

QGIS bertujuan untuk menjadi GIS yang mudah digunakan, menyediakan fungsi dan fitur-fitur umum. Tujuan awalnya adalah untuk menyediakan penampil data GIS. QGIS telah mencapai titik dalam evolusi di mana ia digunakan sehari-hari oleh banyak orang untuk kebutuhan melihat data GIS mereka. QGIS mendukung sejumlah format data raster dan vektor, dengan dukungan format baru mudah ditambahkan dengan menggunakan arsitektur plugin.

QGIS is released under the GNU General Public License (GPL). Developing QGIS under this license means that you can inspect and modify the source code, and guarantees that you, our happy user, will always have access to a GIS program that is free of cost and can be freely modified. You should have received a full copy of the license with your copy of QGIS, and you also can find it in Appendix GNU General Public License.

Tip

Pembaruan Dokumentasi

Versi terbaru dari dokumen ini selalu dapat ditemukan di website dokumentasi QGIS di http://www.qgis.org/en/docs/