Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

.

Plugin Peralatan GDAL

Apakah Peralatan GDAL itu?

Plugin Alat GDAL menawarkan GUI untuk koleksi alat dalam Geospatial Data Abstraction Library, http://gdal.osgeo.org. Ini adalah alat manajemen raster untuk query, re-proyek, warp dan menggabungkan berbagai format raster. Juga termasuk adalah alat untuk membuat lapisan kontur (vektor), atau relief shaded dari DEM raster, dan untuk membuat vrt (Virtual Raster Tile dalam format XML) dari koleksi satu atau lebih berkas raster. Alat ini tersedia bila plugin terpasang dan diaktifkan.

Perpustakaan GDAL

Perpustakaan GDAL terdiri dari satu set program baris perintah, masing-masing dengan daftar besar pilihan. Pengguna nyaman dengan menjalankan perintah dari terminal dapat memilih baris perintah, dengan akses pilihan set lengkap. Plugin alat GDAL menawarkan antarmuka yang mudah ke alat-alat, memperlihatkan hanya pilihan yang paling populer.

Daftar dari alat-alat GDAL

Figure GDAL Tools 1:

../../../_images/raster_menu.png

Daftar menu Alat-alat GDAL

Proyeksi

gdal_warp Warp (Reproject)

Utilitas ini merupakan mosaicing gambar, proyeksi ulang dan warping utilitas. Program ini dapat proek ulang untuk setiap proyeksi yang didukung, dan juga dapat menerapkan GCPs disimpan dengan gambar jika gambar “raw” dengan informasi kontrol. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat membaca di situs GDAL http://www.gdal.org/gdalwarp.html

gdal_assign_projection Menetapkan proyeksi

Alat ini memungkinkan menetapkan proyeksi untuk raster yang sudah bergeoreferensi tetapi informasi proyeksi keliru. Juga dengan membantu mengubah definisi proyeksi yang ada. Kedua berkas tunggal dan mode batch didukung. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi halaman utilitas di situs GDAL http://www.gdal.org/gdalwarp.html

gdal_extract_projection Ekstrak proyeksi

Utilitas ini membantu Anda untuk mengekstrak informasi proyeksi dari berkas masukan. Jika Anda ingin mengambil proyeksi dari seluruh direktori Anda dapat menggunakan mode Batch. Ini menciptakan kedua berkas .prj dan .wld.

Konversi

gdal_rasterize Rasterize

Program ini membakar vektor geometri (titik, garis dan poligon) ke pita raster dari gambar raster. Vektor dibaca dari OGR yang didukung format vektor. Perhatikan bahwa data vektor harus sama sistem koordinat dengan data raster; pada proyeksi ulang fly tidak disediakan. Untuk informasi lebih lanjut lihat http://www.gdal.org/gdal_rasterize.html

gdal_polygonize Polygonize

Utilitas ini menciptakan vektor poligon untuk semua daerah piksel terhubung di raster berbagi nilai umum pixel. Setiap poligon dibuat dengan atribut yang menunjukkan nilai pixel poligon itu. Utilitas akan menciptakan keluaran sumber data vektor jika tidak sudah ada, default ke format shapefile ESRI. Lihat juga http://www.gdal.org/gdal_polygonize.html

gdal_translate Terjemahan

Utilitas ini dapat digunakan untuk mengkonversi data raster antar format yang berbeda, berpotensi melakukan beberapa operasi seperti subsettings, resampling, dan rescaling piksel dalam proses. Untuk informasi Anda bisa membaca di http://www.gdal.org/gdal_translate.html

gdal_raster-rgb RGB ke PCT

Utilitas ini akan menghitung tabel warna-pseudo yang optimal untuk citra RGB yang diberikan dengan menggunakan algoritma cut median pada RGB histogram downsampled. Kemudian mengubah gambar menjadi gambar berwarna-pseudo menggunakan tabel warna. Konversi ini menggunakan Floyd-Steinberg dithering (difusi error) untuk memaksimalkan keluaran visual gambar kualitas. Utilitas ini juga dijelaskan pada http://www.gdal.org/rgb2pct.html

gdal_raster-rgb PCT ke RGB

Utilitas ini akan mengkonversi sebuah pita pseudocolor pada berkas masukan ke berkas keluaran RGB dari format yang diinginkan. Untuk informasi lebih lanjut lihat http://www.gdal.org/pct2rgb.html

Ekstraksi

gdal_contour Kontur

Program ini menghasilkan berkas kontur vektor dari masukan data elevasi raster (DEM). Pada http://www.gdal.org/gdal_contour.html Anda bisa menemukan banyak informasi.

gdal_raster-clip Clipper

Utilitas ini memungkinkan untuk klip (ekstrak bagian) raster menggunakan batas yang dipilih atau berdasarkan masker lapisan batas. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di http://www.gdal.org/gdal_translate.html.

Analisis

gdal_sieve Sieve

Utilitas ini menghilangkan raster poligon lebih kecil dari ukuran ambang batas yang disediakan (dalam piksel) dan menggantikan mereka dengan nilai piksel dari tetangga poligon terbesar. Hasilnya dapat ditulis kembali ke pita raster yang sudah ada, atau disalin ke dalam sebuah berkas baru. Untuk informasi lebih lanjut, lihat http://www.gdal.org/gdal_sieve.html .

gdal_nearblack Hampir Hitam

Utilitas ini akan memindai gambar dan mencoba untuk mengatur semua piksel yang hampir hitam (atau hampir putih) di sekitar tepi persis hitam (atau putih). Hal ini sering digunakan untuk “fix up” berkurangnya kompresi foto udara sehingga warna piksel dapat diperlakukan sebagai transparan ketika mosaicing. Lihat juga http://www.gdal.org/nearblack.html .

gdal_fillnodata Isi tidak ada data

Utilitas ini mengisi seleksi raster area (biasanya tidak ada data area) dengan interpolasi dari piksel yang valid di sekitar tepi area. Lihat juga http://www.gdal.org/gdal_fillnodata.html .

gdal_proximityKedekatan

Utilitas ini menghasilkan peta raster kedekatan menunjukkan jarak dari pusat setiap piksel ke pusat piksel terdekat diidentifikasi sebagai piksel sasaran. Target piksel adalah pada raster sumber yang nilai raster piksel di set dari nilai target piksel. Untuk informasi lebih lanjut, lihat http://www.gdal.org/gdal_proximity.html .

gdal_grid Kisi (Interpolasi)

Utilitas ini menciptakan kisi biasa (raster) dari data yang tersebar dibaca dari sumber data OGR. Masukan data akan diinterpolasi untuk mengisi node kisi dengan nilai-nilai, Anda dapat memilih dari berbagai metode interpolasi. Utilitas ini juga dijelaskan di situs GDAL http://www.gdal.org/gdal_grid.html .

gdal_dem DEM (Terrain model)

Alat untuk menganalisis dan memvisualisasikan DEM. Hal ini dapat membuat relief shaded, lereng, aspek, warna relief, Indeks Terrain Ketidakrataan, Indeks Posisi Topografi dan kekasaran peta dari setiap GDAL didukung elevasi raster. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat membaca pada http://www.gdal.org/gdaldem.html .

Bermacam-macam

gdal_vrt Build Virtual Raster (Katalog)

Program ini membangun VRT (Virtual Dataset) yang merupakan mosaik dari daftar masukan dataset GDAL. Lihat juga http://www.gdal.org/gdalbuildvrt.html .

gdal_merge Gabung

Utilitas ini secara otomatis akan mosaik serangkaian gambar. Semua gambar harus dalam sistem koordinat yang sama dan memiliki sejumlah pencocokan pita, tetapi mereka mungkin tumpang tindih, dan pada resolusi yang berbeda. Di daerah-daerah tumpang tindih, gambar terakhir akan disalin lebih dari yang sebelumnya. Utilitas ini juga dijelaskan pada http://www.gdal.org/gdal_merge.html .

raster-info Informasi

Utilitas ini berisi berbagai informasi tentang GDAL didukung dataset raster. Lihat juga http://www.gdal.org/gdalinfo.html .

gdal_raster-overview Gambaran Build

Utilitas gdaladdo dapat digunakan untuk membangun atau membangun kembali gambar ikhtisar untuk format berkas yang paling didukung dengan salah satu dari beberapa algoritma downsampling. Untuk informasi lebih lanjut, lihat http://www.gdal.org/gdaladdo.html .

gdal_tileindex Indeks Tile

Utilitas ini membangun shapefile dengan catatan untuk setiap berkas masukan raster, atribut yang berisi nama berkas, dan geometri poligon menguraikan raster. Lihat juga http://www.gdal.org/gdaltindex.html .

Pengaturan Peralatan GDAL

Gunakan dialog ini untuk menempelkan variabel GDAL Anda.