Outdated version of the documentation. Find the latest one here.

Apa yang baru pada QGIS 2.0

Harap dicatat bahwa ini adalah rilis dalam ‘cutting edge’ seri rilis kami. Dengan demikian mengandung fitur baru dan memperluas program antarmuka dibanding QGIS 1.8.0. Kami menyarankan agar Anda menggunakan versi ini daripada rilis sebelumnya.

Rilis ini meliputi ratusan perbaikan kesalahan (bug) dan banyak fitur baru dan perangkat tambahan yang akan dijelaskan dalam panduan ini. Juga bandingkan dengan visual log perubahan (changelog) di http://changelog.linfiniti.com/qgis/version/200/

Antarmuka Pengguna

  • Tema ikon baru: Kami telah memperbarui tema ikon kami untuk menggunakan tema ‘GIS’ memperkenalkan peningkatan konsistensi dan profesionalisme antar muka pengguna QGIS.

  • Tab samping, kotak kelompok lipat: Kami memiliki standar tata letak tab dan memperkenalkan kotak kelompok dilipat ke dalam banyak dialog untuk membuat berbagai pilihan navigasi yang lebih mudah, dan untuk membuat lebih baik menggunakan layar real estat.

  • Notifikasi halus: Dalam banyak kasus kami ingin memberitahu Anda tentang sesuatu, tetapi kami tidak ingin menghentikan pekerjaan anda. Dengan sistem notifikasi baru |ql| dapat memberitahu Anda tentang pentingnya informasi lewat bar pesan (warna tergantung pada pentingnya pesan) yang muncul di bagian atas kanvas peta tapi tidak mengganggu Anda untuk berurusan dengan itu jika Anda sedang sibuk melakukan pekerjaan yang lain. Programmer dapat membuat notifikasi tersebut (misalnya dari plugin) menggunakan API python kami.

  • Application custom font and Qt stylesheet: Sistem huruf yang digunakan untuk aplikasi antarmuka pengguna sekarang dapat diatur. Plugin C++ atau Python yang merupakan anak dari aplikasi GUI QGIS atau telah disalin/menerapkan aplikasi GUI stylesheet dapat mewarisi gaya, yang berguna untuk perbaikan GUI di seluruh platform dan bila menggunakan kustom widget Qt QGIS, seperti QgsCollapsibleGroupBox.

  • Live color chooser dialogs and buttons: Setiap warna tombol pemilih seluruh antarmuka telah diperbarui untuk memberikan umpan balik visual apakah memiliki transparan warna saat ini, atau ‘alpha,’ komponen. Warna pemilih dibuka oleh tombol warna baru, sekarang akan menjadi default untuk sistem operasi. Jika pengguna menggunakan live-update dialog pemilih warna diperiksa di bawah Options -> General -> Application, perubahan apapun dalam pemilih warna akan segera ditampilkan dalam warna tombol dan untuk setiap item saat ini sedang diedit, mana yang berlaku.

  • Anotasi SVG: Dengan QGIS versi 2.0 kini, Anda dapat menambahkan anotasi (keterangan) SVG ke peta Anda - baik disematkan ke tempat tertentu atau dalam posisi relatif di atas kanvas peta.

Penyedia Data

  • Dukungan Stasial Oracle: QGIS versi 2.0 kini termasuk Dukungan Stasial Oracle.

  • Penyedia Layanan Cakupan Web (Web Coverage Service): QGIS kini disediakan dukungan asli untuk lapisan Layanan Cakupan Web (Web Coverage Service) - proses untuk menambahkan WCS mirip dengan menambahkan lapisan (layer) WMS atau WFS.

  • Raster Data Provider overhaul: Sistem penyedia data raster telah dirombak total. Salah satu fitur baru terbaik yang berasal dari pekerjaan ini adalah kemampuan Layer -> Save As... untuk menyimpan lapisan (layer) raster sebagai lapisan (layer) baru. Dalam proses ini, Anda dapat memotong, resample, reproject lapisan kedalam Sistem Referensi Koordinat (Coordinate Reference System) baru. Anda juga bisa menyimpan lapisan raster sebagai gambar (rendered), jadi jika Anda misalnya memiliki raster band tunggal yang telah menerapkan palet warna, Anda dapat menyimpan lapisan (layer) ke lapisan (layer) RGB ber-georeferensi.

  • Raster 2% cumulative cut by default: Banyak produk raster citra memiliki sejumlah besar outlier menghasilkan gambar yang memiliki penampilan washed out. QGIS versi 2.0 memperkenalkan kontrol yang lebih baik atas proses rendering raster, termasuk menggunakan kumulatif 2% - 98% persen dipotong secara default ketika menentukan ruang warna gambar.

  • Identifikasi format WMS: Memilih format mengidentifikasi hasil untuk lapisan (layer) WMS jika beberapa dikenal format yang didukung oleh server. Format yang didukung adalah HTML, fitur (GML) dan teks biasa. Jika format (GML) dipilih, hasilnya adalah dalam bentuk yang sama seperti untuk lapisan vektor, geometri dapat disorot dan fitur termasuk atribut dan geometri dapat disalin ke papan klip dan disisipkan ke lapisan lain.

  • Dukungan WMTS: Klien WMS QGIS kini didukung WMTS (Web Mapping Tile Service) termasuk pemilihan sub-dataset seperti irisan waktu. Saat menambahkan lapisan (layer) WMS dari server compliant, Anda akan diminta untuk memilih tampilan irisan waktu.

Simbologi

  • Properti data yang didefinisikan: Dengan properti data baru yang didefinisikan, memungkinkan untuk mengontrol jenis simbol, ukuran, warna, rotasi, dan banyak properti lain melalui fitur atribut.

  • Manajemen lapisan perbaikan simbol: Simbol lapisan (layer) baru menggunakan gambaran jelas, dengan tata letak pohon-terstruktur yang memungkinkan untuk akses mudah dan cepat ke semua simbol lapisan (layer).

  • Dukungan transparansi dalam definisi warna: Pada kebanyakan tempat dimana Anda memilih warna, kini QGIS memungkinkan Anda untuk menentukan alpha channel (menentukan harus seberapa transparan warna). Hal ini memungkinkan Anda membuat peta tampak hebat dan untuk menyembunyikan data dengan mudah bahwa Anda tidak ingin pengguna melihatnya.

  • Kontrol Warna Lapisan (layer) Raster: QGIS versi 2.0 memungkinkan Anda secara tepat mengontrol persis bagaimana Anda ingin lapisan (layer) raster muncul. Anda kini memiliki kontrol penuh atas kecerahan (brightness), kontras (contrast) dan saturasi (saturation) lapisan (layer) raster. Bahkan ada pilihan tampilan raster skala abu-abu (grayscale) atau dengan warna tertentu.

  • Salin simbologi antar lapisan (layer): Sekarang sangat mudah menyalin simbologi dari satu lapisan (layer) ke lapisan lain. Jika Anda bekerja dengan beberapa lapisan yang sama, Anda bisa klik kanan pada salah satu lapisan, pilih Salin (Copy Style) dari menu utama dan kemudian klik-kanan pada layer lain dan memilih Tempel (Paste Style).

  • Cara menyimpan dalam basis data Anda: Jika Anda menggunakan penyimpanan data basis data vektor, sekarang Anda cara penyimpanan definisi lapisan (layer) langsung dalam basis data. Hal ini membuat mudah untuk berbagi gaya lapisan (layer) dalam suatu perusahaan atau lingkungan multi-pengguna.

  • Dukungan warna landai (ramp): Warna landai (ramp) kini tersedia di banyak tempat pengaturan simbologi QGIS, set extensible warna landai (ramp). Anda juga dapat desain sendiri dan banyak tema cpt-kota yang termasuk dalam QGIS sekarang ‘out of the box’. Bahkan warna landai (ramp) didukung pengaturan transparansi!

  • Set custom default styles for all layer types: Kini QGIS memungkinkan Anda mengontrol bagaimana lapisan (layer) baru akan ditarik ketika mereka tidak memiliki gaya (style) .qml. Anda juga dapat mengatur default tingkat transparansi untuk lapisan (layer) baru dan apakah simbol harus memiliki warna acak.

Penyusun Peta

  • Pokok-pokok Peta HTML: Anda sekarang dapat menempatkan elemen html ke peta Anda.

  • Garis Bantu Otomatis: Menyelaraskan item peta sangat penting untuk membuat peta dicetak dengan bagus. Garis bantu otomatis telah ditambahkan untuk memudahkan penyelarasan penyusun objek hanya dengan mendekatkan sebuah benda dengan yang lain.

  • Garis Bantu Manual: Kadang-kadang Anda perlu untuk menyelaraskan objek dengan jarak tertentu pada penyusun peta. Dengan garis bantu manual, Anda dapat menambahkan garis bantu secara manual yang memungkinkan benda menyelaraskan lebih baik menggunakan keselarasan umum. Cukup tarik dari atas atau samping untuk menambahkan garis bantu baru.

  • Menghasilkan Serangkaian Peta: Pernahkah diperlukan cara menghasilkan serangkaian peta? Tentu saja Anda membutuhkan. Sekarang dalam Penyusun Peta telah disediakan layanan menghasilkan serangkaian peta menggunakan fitur atlas. Cakupan lapisan (layer) bisa titik, garis, poligon, dan sekarang yang fitur data atribut tersedia dalam label untuk penggantian nilai data.

  • Dukungan banyak halaman (Multipage): Sebuah jendela penyusun peta tunggal kini dapat berisi lebih dari satu halaman.

  • Expressions in composer labels: Item penyusun label pada versi 1,8 sangat terbatas dan hanya diperbolehkan tanda tunggal $CURRENT_DATE yang digunakan. Pada versi 2.0 telah ditambahkan dukungan ekspresi penuh dengan keleluasaan mengelola label akhir.

  • Dukungan tampilan otomatis dalam bingkai peta: Perlu menunjukkan daerah saat ini pada bingkai peta utama di jendela tampilan yang lebih kecil. Sekarang, bingkai peta memiliki kemampuan untuk menunjukkan luasan dan akan memperbarui ketika pindah. Dengan menggunakan fitur pembuat atlas sekarang inti dalam penyusun peta memungkinkan untuk menghasilkan beberapa peta. Sekilas gaya bingkai menggunakan gaya yang sama sebagai objek peta poligon normal sehingga kreativitas Anda tidak pernah dibatasi.

  • Menggabung Lapisan (Layer blending): Menggabung lapisan memungkinkan untuk menggabungkan lapisan (layer) dalam cara-cara baru dan menarik. Sementara di versi lama, semua dapat Anda lakukan untuk membuat lapisan transparan, kini Anda dapat memilih seperti “multiply”, “darken only”, dan masih banyak lagi. Penggabungan (blending) dapat digunakan dalam tampilan peta normal maupun di penyusun peta cetak. Untuk panduan singkat tentang cara menggunakan penggabungan (blending) di penyusun peta cetak untuk membuat gambar latar belakang, lihat “Vintage map design using QGIS”.

  • Dukungan Label HTML: Dukungan label HTML telah ditambahkan pada penyusun peta untuk memberikan kontrol yang lebih besar pada peta akhir Anda. Label HTML mendukung penuh lembar gaya css, html, dan bahkan javascript.

  • Legenda multi kolom: Sekarang penyusun legenda telah didukung multi kolom. Memisahkan dari satu lapisan (layer) dengan banyak kelas menjadi beberapa kolom adalah opsional. Lapisan simbol tunggal ditambahkan secara default sebagai item baris tunggal. Tiga gaya yang berbeda dapat diberikan untuk lapisan/judul grup: Grup, sub grup atau tersembunyi (hidden). Gaya judul visual yang memungkinkan pengelompokan item dengan leluasa. Sebagai contoh, simbol lapisan tunggal dapat ditampilkan sebagai item baris tunggal atau dengan judul lapisan (seperti versi 1.8), simbol dari beberapa lapisan (layer) dapat dikelompokkan ke dalam satu kelompok (menyembunyikan judul) dll. Fitur penghitungan bisa ditambahkan ke label.

  • Pembaruan manajemen penyusun peta: Perbaikan berikut telah dibuat untuk manajemen penyusun peta:

    • Sekarang nama penyusun dapat didefinisikan pada penciptaan, opsional memilih mulai dari nama penyusun lainnya

    • Sekarang penyusun bisa disalin/duplikasi

    • Baru dari Template dan dari Spesifik (dalam Manajer Penyusun) menciptakan penyusun dari template yang terletak di manapun pada filesystem

    • Sekarang proyek induk bisa disimpan secara langsung dari area kerja penyusun peta

    • Semua tindakan manajemen penyusun kini dapat diakses langsung dari area kerja penyusun peta

Pelabelan

  • Sistem pelabelan baru: Sistem pelabelan telah benar-benar dirombak - kini mencakup banyak fitur baru seperti drop shadow, ‘highway shields’, banyak pilihan dan berbagai peningkatan kinerja. Kami perlahan-lahan melakukan jauh dari sistem ‘label tua’, meskipun Anda masih menemukan fungsi yang tersedia untuk rilis ini, Anda berharap bahwa itu akan hilang dalam rilis tindak lanjut.

  • Expression based label properties: Kekuatan penuh label dan aturan ekspresi yang normal kini dapat digunakan untuk properti label. Hampir setiap properti dapat didefinisikan dengan nilai ekspresi atau kolom nilai memberikan Anda kontrol lebih besar atas hasil label. Ekspresi dapat merujuk ke kolom (misalnya mengatur ukuran font dengan nilai ‘huruf’) atau dapat mencakup logika yang lebih kompleks.

  • Mesin pelabelan yang usang: Penggunaan mesin pelabelan tua tersedia dalam QGIS <= versi 1.8 kini sudah usang, namun belum dihapus. Hal ini untuk pengguna bermigrasi dari proyek yang lama ke mesin label baru. Berikut ini panduan bekerja dengan mesin yang lebih tua di QGIS versi 2.0:

    • Tab pelabelan lama dihapus dari properti lapisan (layer) vektor dialog untuk proyek-proyek baru atau proyek tua yang dibuka jangan menggunakan mesin pelabelan.

    • Tab usang tetap aktif untuk proyek-proyek tua yang dibuka, jika setiap lapisan (layer) menggunakan mereka, dan masih ada bahkan jika menyimpan proyek tanpa lapisan memiliki mesin pelabelan tua yang diaktifkan.

    • Tab pelabelan Usang dapat diaktifkan/dinonaktifkan untuk proyek ini, melalui konsol perintah Python. Harap dicatat: Ada kemungkinan besar mesin pelabelan usang akan benar-benar dihapus sebelum rilis stabil berikutnya QGIS. Silakan bermigrasi proyek lebih lama.

Programmability

  • Konsol Python Baru: Konsol Python baru memberi Anda kekuatan bahkan lebih. Kini dengan dukungan pengaturan otomatis lengkap, syntax highlighting, adjustable font. Penyunting kode memungkinkan masuk lebih mudah kode blok yang lebih besar dengan kemampuan membuka dan menjalankan berkas Python dalam sesi QGIS.

  • Fungsi Ekspresi: Dengan mesin ekspresi yang digunakan lebih banyak dan QGIS memungkinkan hal-hal seperti ekspresi berbasis label dan simbol, lebih banyak fungsi telah ditambahkan ke pembangun ekspresi dan semuanya dapat diakses melalui pembangun ekspresi. Semua fungsi termasuk bantuan yang komprehensif dan panduan penggunaan untuk kemudahan penggunaan.

  • Custom expression functions: Jika mesin ekspresi tidak memiliki fungsi yang Anda butuhkan. Jangan khawatir, fungsi baru bisa ditambahkan melalui plugin menggunakan API Python.

  • Pembersih API Python: API Python telah dirubah lebih bersih, lebih pythonic, pengalaman pemrograman. API V2 QGIS 2.0 menggunakan SIP yang menghilangkan logika berantakan toString(), toInt() yang dibutuhkan saat bekerja dengan nilai-nilai. Jenis kini diubah menjadi jenis Python asli untuk membuat API yang jauh lebih baik. Akses atribut kini dilakukan pada fitur itu sendiri menggunakan kunci pencarian sederhana, indeks pencarian dan atribut peta.

  • Code compatibility with version 1.x releases: Ini adalah rilis utama, tidak sepenuhnya API kompatibel dengan rilis sebelum 1.x. Dalam kebanyakan kasus port kode Anda harus cukup jelas - Anda dapat menggunakan panduan ini untuk memulai. Silakan memanfaatkan mailing list pengembang, jika Anda membutuhkan bantuan.

  • Python project macros: Modul Python tersimpan di dalam berkas project.qgs, dapat dimuat dan menjalankan fungsi khusus pada proyek berikut: openProject(), saveProject() and closeProject(). Macro yang dijalankan dapat dikonfigurasi dalam pilihan aplikasi.

Alat Analisis

  • Processing Commander: Untuk akses cepat ke fungsi geoprocessing, cukup menjalankan perintah pengolahan (Ctrl + Alt + M) dan mulai mengetik nama alat yang Anda cari. Perintah akan menunjukkan pilihan yang tersedia dan menjalankan mereka untuk Anda. Tidak ada lagi cara mencari melalui menu untuk menemukan alat (tool). Sekarang ada di ujung jari Anda.

  • Heatmap Plugin Improvements: Plugin heatmap telah dilakukan banyak perbaikan dan optimisasi, sehingg dalam pembuatan hasilnya lebih cepat. Selain itu, Anda sekarang memiliki pilihan fungsi kernel yang digunakan untuk membuat heatmap.

  • Dukungan Pengolahan (Processing Support): Proyek SEXTANTE telah dimasukkan ke QGIS sebagai fungsi inti. SEXTANTE telah diubah namanya menjadi ‘Pengolahan’ dan memperkenalkan menu baru di QGIS dimana Anda dapat mengakses kotak alat (toolbox) alat analisis spasial. Kotak alat (toolbox) pengolahan memiliki fungsi sangat kaya - dengan pemrograman API python memungkinkan Anda menambahkan alat-alat baru, dan kait (hooks) menyediakan akses ke kemampuan banyak alat analisis populer open source seperti GRASS, OTB, SAGA dll.

  • Pengolahan Modeller (Processing Modeller): Salah satu fitur besar dari kerangka pengolahan baru adalah kemampuan untuk menggabungkan alat-alat grafis. Menggunakan Pengolahan Modeller, Anda dapat membangun analisis kompleks dari serangkaian kecil modul. Anda dapat menyimpan model ini dan kemudian menggunakannya dalam model yang lebih kompleks. Mengagumkan daya terintegrasi langsung ke QGIS dan sangat mudah digunakan!

Plugin

  • Revamped plugin manager: Pada QGIS 1.x mengelola plugin dengan dua antarmuka agak membingungkan - satu untuk mengelola plugin terpasang dan satu untuk mengambil plugin python dari repositori Plugin. Pada QGIS versi 2.0 kami memperkenalkan baru, bersatu, pengelola Plugin yang menyediakan one stop shop untuk mengunduh, mengaktifkan/menonaktifkan dan umumnya mengelola plugin Anda. Oh, dan antar muka pengguna cantik dengan tab sisi dan mudah untuk mengenali ikon!

  • Pilihan Aplikasi dan Proyek: Tentukan default proyek startup dan proyek template. Dengan QGIS 2.0 Anda dapat menentukan apa QGIS harus lakukan ketika mulai: Proyek Baru (legacy behaviour, dimulai dengan proyek kosong), Terbaru (ketika Anda mulai QGIS akan memuat proyek terakhir yang Anda kerjakan), Spesifik (selalu memuat proyek tertentu ketika QGIS dimulai). Anda dapat menggunakan direktori proyek template untuk menentukan di mana proyek template Anda harus disimpan. Setiap proyek yang Anda simpan di direktori akan tersedia untuk digunakan sebagai template saat Proyek ‣ Baru dari menu template.

  • System environment variables: Lingkungan sistem variabel saat ini dapat dilihat dan banyak konfigurasi dalam dialog pilihan aplikasi. Berguna untuk platform seperti Mac, di mana aplikasi GUI tidak selalu mewarisi lingkungan pengguna shell. Juga berguna untuk mengatur / melihat lingkungan variabel untuk set alat eksternal dikendalikan oleh pengolahan kotak alat, seperti SAGA, GRASS; dan, untuk mengaktifkan keluaran debugging untuk bagian tertentu dari sumber kode.

  • Skala pembesaran user-defined: Sebuah daftar skala pembesaran kini dapat dikonfigurasi untuk aplikasi dan pilihan override per proyek. Daftar ini akan muncul Skala kotak combo dalam jendela utama status bar, akses cepat ke skala yang dikenal untuk efisiensi bekerja dengan sumber data saat ini. Skala dapat diekspor ke berkas XML yang dapat diimpor ke proyek-proyek lain atau aplikasi QGIS lain.

Umum

  • Quantum GIS sekarang dikenal sebagai |qg|: ‘Quantum’ dalam ‘Quantum GIS’ tidak pernah punya makna khusus dan dualitas mengacu pada proyek kami baik sebagai Quantum GIS dan QGIS menyebabkan beberapa kebingungan. Kami merampingkan proyek kami dan sebagai bagian dari proses kita secara resmi menjatuhkan penggunaan kata Quantum - selanjutnya kita akan dikenal hanya sebagai QGIS (dieja dengan semua huruf dalam huruf besar). Kami akan memperbarui semua kode kita dan bahan publikasi untuk mencerminkan hal ini.

Legenda Pelapis (layer)

  • Legenda umpan balik dan pilihan visual

    • Jumlah total untuk fitur pada lapisan (layer), serta per simbol

    • Lapisan (layer) vektor dalam mode sunting, kini memiliki ikon pensil merah untuk menunjukkan proses (belum disimpan) suntingan

    • Lapisan (layer) yang aktif sekarang digarisbawahi, untuk menunjukkan itu pilihan dalam lapisan (layer) banyak atau ketika tidak ada pilihan

    • Mengklik di spasi non-list-item sekarang membersihkan seleksi

    • Klik kanan (Right-clicks) sekarang diperlakukan sebagai klik kiri (left-click) sebelum menampilkan menu utama, memungkinkan untuk satu kali klik bukan dua

    • Kelompok dan lapisan (layer) dapat opsional dengan huruf tebal

    • Ikon pratinjau lapisan (layer) raster yang dihasilkan sekarang dapat dimatikan, untuk proyek-proyek di mana render tersebut mungkin berjalan lambat

  • Duplicate existing map layer: Duplikat lapisan (layer) vektor dan raster dipilih dalam legenda lapisan peta. Mirip dengan mengimpor sumber data yang sama lagi, sebagai lapisan (layer) yang terpisah, lalu salin/tempel dan atribut simbologi.

  • Multi-layer toggle editing commands: Pengguna sekarang dapat memilih beberapa lapisan (layer) dalam legenda dan jika salah satu dari mereka adalah lapisan (layer) vektor dalam mode sunting, pilih untuk menyimpan (save), atau rollback, atau membatalkan (cancel) suntingan saat ini. Pengguna juga dapat memilih untuk menerapkan tindakan-tindakan di semua lapisan, terlepas dari seleksi.

Peramban

  • Improvements to in-app browser panel:
    • Direktori dapat disaring oleh wildcard atau ekspresi regex

    • Rumah Proyek baru (direktori induk dari proyek saat ini)

    • Lihat properti direktori yang dipilih dalam dialog

    • Pilih direktori untuk memindai cepat

    • Pilih tambah direktori langsung ke Favorit melalui dialog peramban filesystem

    • /Volumes baru pada Mac (direktori tersembunyi untuk akses ke drive eksternal)

    • Grup OWS baru (pengumpulan koneksi server peta yang tersedia)

    • Buka peramban kedua (Lihat -> Panel -> Peramban (2)) untuk interaksi drag-n-drop antara panel peramban

    • Saat ini ikon disaring berdasarkan tipe grup (filesystem, basis data, server peta)

    • Saat ini properti lapisan (layer) memiliki visual layout lebih baik